Minggu, 09 Desember 2012

Big Bang

History of BigBang II



Perluasan karier: 2009
Big Bang beristirahat sementara pada awal 2009 untuk memberi kesempatan anggotanya melakukan karier solo. Mereka memproduksi lagu "Lollipop" bersama grup anak perempuan 2NE1 yang baru didirikan, dan tampil bersama dalam video musik untuk keperluan promosi.
Setelah sukses dengan "Lollipop", Big Bang merilis singel Jepang berjudul "My Heaven" pada bulan Mei 2009. Lagu ini merupakan terjemahan bahasa Jepang dari lagu "Heaven" yang berasal dari EP Stand Up. Selain itu juga ada Let Me Hear Your Voice atau dalam bahasa Jepang adalah Koe Wo Kikasete , yang dinyanyikan dalam bahasa Jepang dan Inggris .

Aktivitas Solo dan Subgrup
Para personel Big Bang melakukan beragam aktivitas solo. Taeyang menjadi personel pertama yang meluncurkan album solo, yaitu Hot . Pada Juni 2010, Taeyang meluncurkan album keduanya yang berjudul SOLAR  . Bertepatan pada ulang tahunnya, 18 Agustus 2009, G-Dragon merilis album pertamanya Heartbreaker , dan berhasil menjadi album terlaris ketujuh versi Tower Records Top KPOP Albums of 2010. Sementara itu, Daesung menjadi cast tetap pada variety show Family Outing di stasiun SBS TV. Setelah masa tayangnya usai, Daesung menjadi salah satu MC pada acara Night After Night di stasiun TV yang sama.
Personel paling tua, T.O.P, memfokuskan diri pada kegiatan akting. Dia bergabung bersama Lee Byung-hun dan Kim Tae-hee pada serial televisi Iris, berperan sebagai pembunuh berdarah dingin bernama Vick . Ini bukan kali pertama T.O.P berakting di layar kaca. Sebelumnya, T.O.P pernah berperan sebagai Chae Moon-sik di serial TV berjudul I'm Sam pada 2007. T.O.P juga meluncurkan singel digital solo yang berjudul Turn It Up pada Juni 2010. Dia kemudian bergabung dengan rekan segrupnya, G-Dragon, dan membentuk Subgrup GD&TOP yang meluncurkan album mereka pada Desember 2010 . Member paling muda, Seungri, meluncurkan album mininya pada 20 Januari 2011 yang diberi judul "VVIP"


Kembali dengan "TONIGHT" dan MTV EMA
Setelah 2 tahun 3 bulan bigbang kembali menjadi satu grup. Bigbang kembali ke Korea melalui konser Bigshow 2011. Mereka juga mengeluarkan mini album Tonight, which went on to become a chart-topper upon its release on many Korean music charts.album ini menduduki urutan nomor satu tangga album Korea Selatan. Album ini juga menjadi album pertama K-Pop yang menduduki TOP 10 US iTunes Chart dan album non-bahasa Inggris di Top 100. Pre order album juga mencapai 10.000 copies di Cyworld, mengalahkan record yang pernah di catat TVXQ 6,500 copies pada tahun 2008.. Selain mencatat record di masa preorder, Bigbang juga "all-kill" di top real-time chart di Korea Selatan (Soribada, Melon, Dosirak, Bugs and Cyworld) beberapa saat setelah rilis. 7 hari setelah album rilis, Big Bang dilaporkan memperoleh ₩7 miliar (USD$6.2 juta). Dan dalam seminggu telah menjual 100.000 copies. single utama album ini pun juga menjadi chart-topper di Gaon Chart.
Setelah mengakhiri promosi "Tonight" Big Bang kembali dengan dua single "Love Song" dan "Stupid Liar", Single love song juga berada di posisi yang baik. Musik video mereka berhasil meraih 2 juta viewer dalam waktu 2 hari. grup ini juga berhasil menyelesaikan Tour jepang mereka Love & Hope Tour di bulan mei.
Di tahun 2011 mereka juga berhasil meraih penghargaan 2011 MTV EMA's "Best Worldwide Act" mewakili khawasan Asia-Pasifik dengan lebih dari 58 juta suara.[30] Semua member hadir dalam penerimaan penghargaan ini dan membuat spesial memory karena Daesung tersandung kasus kecelakaan mobil dan G-dragon dengan scandal marijuana. Pada tanggal 29 November, Bigbang juga menerima penghargaan "Best Music Video" untuk "Love Song" di 2011 Mnet Asian Music Awards.

2012: Alive dan World Tour Pertama
Berawal dari tanggal 20 Januari YG Entertainment mulai merilis teaser untuk mini album ke-5 mereka Alive, yang di rilis pada tanggal 29 Februari. Pre order mini album Alive mencapai 260.000 Copies dalam 2 minggu. Dan single utama "BLUE" yang di rilis pada tanggal 22 Pebruari meraih "Perfect All-Kill", yang berarti menduduki peringkat pertama di semua digital chart Korea dan dalam penguduhan ringtone. Music video juga meraih 2 juta viewer di YouTube dalam waktu 24 jam. Dan ke enam track dalam album menduduki TOP 10 di berbagai chart. "Alive" juga berada di posisi 5 di US iTunes Top Albums dan no. 3 di iTunes Kanada, mengalahkan record yang pernah dicatat mereka dengan album Tonight. Album Alive versi Jepang menduduki peringkat ke-2 dengan 2 single baru "Ego" dan "Feeling"

Mengikuti perilisan album, Bigshow 2012 di selenggarakan di Olympic Gymnastics Arena pada tanggal 2-4 Maret dengan total penonton 40.000 penonton. Ini juga menjadi konser pembuka BIG BANG ALIVE TOUR dengan menggandeng Live Nation dengan melakukan tour dunia di 25 kota di 16 negara.

Secara international, Big Bang memperoleh peringkat ke-5 di Top 10 Billboard K-pop's Hot 100 dan posisi 150 di Billboard 200, membuat mereka menjadi artis Korea pertama yang menduduki posisi tersebut dengan album Korea. Baru-baru ini Big Bang juga menang di ajang MTV Italy's "2012 TRL Awards"[31] untuk nominasi "Best Fan" bersama Alessandra Amoroso, Avril Lavigne, and One Direction. G-dragon dan TOP melakukan kolaborasi dengan penyanyi asal ingris Pixie Lott - "Dancing On My Own", yang termasuk dalam album jepangnya dan akan segera rilis secara mendunia.

Di tahun ke-6, Bigbang kembali menunjukan popularitas tinggi mereka di Asia setelah di pilih menjadi Most Popular Male Singer sekali lagi. Mereka juga mendapat dukungan baru dengan menjadi model utama Jeju Airline, dimana juga akan menjadi sponsor utama ALIVE TOUR. Grup ini juga berencana merilis full album di akhir tahun, demikian juga dengan leader G-dragon yang juga di kabarkan akan merlilis solo albumnya di bulan Agustus.[32] Diperkirakan Big Bang akan memperoleh pemasukan sekitar $69 juta USD tahun ini.
cr : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar